RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 86 LONGI
Kelas /
Semester : 4
/ 2
Tema
9 : Kayanya
Negeriku
Subtema
1 : Kekayaan
Sumber Energi di Indonesia
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh
melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan.
4.3 Melaporkan hasil wawancara menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis.
Indikator :
§ Membuat peta pikiran
§ Melakukan wawancara
IPA
3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas
bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam
kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan penelusuran
informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator :
§ Mengamati gambar tentang sumber energi air dan
listrik
§ Mengetahui
keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
§ Memahami
hubungan manusia dengan lingkungan.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Membaca bacaan tentang lingkungan, siswa
memahami hubungan manusia dengan lingkungan dengan penuh kepedulian.
2. Membuat peta pikiran, siswa dapat memahami
hubungan manusia dengan lingkungan sengan penuh tanggung jawab
3. Mengamati gambar lingkungan alam, siswa dapat
mengenal lingkungan alam dengan penuh kepedulian.
4. Membaca teks dan mengamati gambar tentang siklus
beberapa hewan, siswa memahami siklus hidup beberapa hewan dengan penuh rasa
kepedulian.
5. Membaca teks dan mengamati gambar tentang sumber
energi air dan listrik, siswa mengetahui salah satu contoh sumber energi yang
banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh kepedulian
6. Mengamati gambar pembangkit listrik tenaga air,
siswa mengetahui keterkaitan antara sumber daya air dengan energi listrik
dengan penuh tanggung jawab.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
0 comments:
Post a Comment